Senin, 18 April 2011
Apa sih pengertian bimbingan dan apa tujuannya??
Bimbingan dapat diartikan sebagai bantuan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain dalam membuat keputusan yang bijaksana dan dalam penyesuaian diri, serta dalam memecahkan kehiduapan mereka. Bimbingan bertujuan agar penerima bantuan dapat berkembang mandiri dan mampu bertanggung jawab bagi dirinya sendiri. Jadi, tujuan dasar bimbingan adalah mengembangkan potensi individu untuk mampu memecahkan masalah-masalahnya dan membuat penyesuaian diri terhadap kehidupannya, sejauh batas kemampuannya.
Selasa, 05 April 2011
komentar tentang fenomena pendidikan
deepraj kaur 10-051
anggun rss 10-075
riana octhaviany 10-079
fenomena-fenomena pendidikan di Indonesia :
menurut kami pelaksanaan homeschooling itu cukup efektif karena murid tsb bisa lebih terfokus dan nyaman dalam belajarnya karena dia berada dirumah sendiri. tetapi, homeschooling juga dapat berakibat buruk terhadap kemampuan murid untuk bersosialisasi. murid akan kurang mampu bersosialisasi dengan orang lain terutama teman sebaya dan akan lebih menyukai bekerja sendiri dan melakukan segala sesuatunya dengan sendiri.
kalau ditinjau dari teori pendidikan baik pendidikan keluarga maupun bimbingan belajar, sebenarnya pendidikan yang mahal di Indonesia tidak menjadi penghalang bagi seseorang utnuk memperoleh pendidikan , khususnya pendidikan yang didapat dari lingkungan sekolah. Namun, pendidikan dasar berasal dari keluarga, ari cara keluarga meneraapkan makna pendidikan pda anak-anaknya dapat memotivasi kegigihan seorang anak untuk memperoleh pendidikan mereka walaupun banyak halangan spt masalahh biaya. pendidikan bukan hanya kita peroleh secara formal namun ada juga bimbingan belajr diluar sekolah. dan saat ni pemerintah telah membuat kebjakan yaitu melaksanakan pendidikan gratis bagi anak-anak yang kurang mampu khusunya. menurut kami biaya mahal bukanlah menjadi penghalang bagi seseorang asalkan motivasi instrinsiknya akan pendidikan kuat dan pasti ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pendidikn.
RSBI menjadi suatu trend dikalangan sekolah-sekolah saat ini. banyk sekolah berebut untuk mendapatkan lebel sebagai sekolah yang bertaraf internasionl. padahal sebenarnya, banyak diantr mereka yang tidaak begitu memahami bagaimana sekolah bertaraf internasional itu. walaupun kualitas sekolahnya belum layak untuk mendapatkan label internasional., sekolah itu mngajukan untuk mendpat label internasional. selain itu, RSBI memberikan kesan unsur diskriminasi antara orangkaya dan yang tidak. orang kaya lebh mudah untuk membayar uang sekolah yang lumayan besar agar anak nya dpt mssuk ke kelas RSBI walaupun kemampuannya tidak ada. dan sering juga anak yang kurang mampu tapi berprestasi menjadi korban pengabaian. mereka dittolak untuk masuk di kelas RSBI karena telah diisi oleh anak orang kaya.
anggun rss 10-075
riana octhaviany 10-079
fenomena-fenomena pendidikan di Indonesia :
- homeschooling
- biaya pndidikan yang mahal
- fenomena RSBI (Rintisan Sekolah Berthap Internasional)
menurut kami pelaksanaan homeschooling itu cukup efektif karena murid tsb bisa lebih terfokus dan nyaman dalam belajarnya karena dia berada dirumah sendiri. tetapi, homeschooling juga dapat berakibat buruk terhadap kemampuan murid untuk bersosialisasi. murid akan kurang mampu bersosialisasi dengan orang lain terutama teman sebaya dan akan lebih menyukai bekerja sendiri dan melakukan segala sesuatunya dengan sendiri.
kalau ditinjau dari teori pendidikan baik pendidikan keluarga maupun bimbingan belajar, sebenarnya pendidikan yang mahal di Indonesia tidak menjadi penghalang bagi seseorang utnuk memperoleh pendidikan , khususnya pendidikan yang didapat dari lingkungan sekolah. Namun, pendidikan dasar berasal dari keluarga, ari cara keluarga meneraapkan makna pendidikan pda anak-anaknya dapat memotivasi kegigihan seorang anak untuk memperoleh pendidikan mereka walaupun banyak halangan spt masalahh biaya. pendidikan bukan hanya kita peroleh secara formal namun ada juga bimbingan belajr diluar sekolah. dan saat ni pemerintah telah membuat kebjakan yaitu melaksanakan pendidikan gratis bagi anak-anak yang kurang mampu khusunya. menurut kami biaya mahal bukanlah menjadi penghalang bagi seseorang asalkan motivasi instrinsiknya akan pendidikan kuat dan pasti ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pendidikn.
RSBI menjadi suatu trend dikalangan sekolah-sekolah saat ini. banyk sekolah berebut untuk mendapatkan lebel sebagai sekolah yang bertaraf internasionl. padahal sebenarnya, banyak diantr mereka yang tidaak begitu memahami bagaimana sekolah bertaraf internasional itu. walaupun kualitas sekolahnya belum layak untuk mendapatkan label internasional., sekolah itu mngajukan untuk mendpat label internasional. selain itu, RSBI memberikan kesan unsur diskriminasi antara orangkaya dan yang tidak. orang kaya lebh mudah untuk membayar uang sekolah yang lumayan besar agar anak nya dpt mssuk ke kelas RSBI walaupun kemampuannya tidak ada. dan sering juga anak yang kurang mampu tapi berprestasi menjadi korban pengabaian. mereka dittolak untuk masuk di kelas RSBI karena telah diisi oleh anak orang kaya.
Jumat, 11 Maret 2011
Siapakah orang yang pertama sekali mengembangkan tes Intelegensi?????
Pada tahun 1904 Menteri Pendidikan Perancis meminta psikolog Alfred Binet untuk menyusun metode guna mengidentifikasi anak-anak yang tidak mampu belajar di sekolah. Para pejabat di sekolahan ingin mengurangi sekolah yang penuh sesak dengan cara memindahkan murid yang kurang mampu belajar di sekolah umum ke sekolah khusus. Binet dan mahasiswanya, Theophile Simon, menyusun tes inteligensi untuk memenuhi permintaan ini. Tes itu disebut skala 1905. Tes ini terdiri dari 30 pertanyaan, mulai dari kemampuan untuk menyentuh telinga hingga kemampuan untuk menggambar desain berdasarkan ingatan dan mendefenisikan konsep abstrak.
Sumber : Santrock.,J.W.(2008).Psikologi Pendidikan(edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group.
Pada tahun 1904 Menteri Pendidikan Perancis meminta psikolog Alfred Binet untuk menyusun metode guna mengidentifikasi anak-anak yang tidak mampu belajar di sekolah. Para pejabat di sekolahan ingin mengurangi sekolah yang penuh sesak dengan cara memindahkan murid yang kurang mampu belajar di sekolah umum ke sekolah khusus. Binet dan mahasiswanya, Theophile Simon, menyusun tes inteligensi untuk memenuhi permintaan ini. Tes itu disebut skala 1905. Tes ini terdiri dari 30 pertanyaan, mulai dari kemampuan untuk menyentuh telinga hingga kemampuan untuk menggambar desain berdasarkan ingatan dan mendefenisikan konsep abstrak.
Sumber : Santrock.,J.W.(2008).Psikologi Pendidikan(edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group.
Kuliah pertemuan 7
Pada kuliah pertemuan ke 7 kita membahas Johari Windows dimana kita memandang segala sesuatu dari aspek pribadi kita dan orang lain....
kemuadian pada pertemuan ke 7 kami juga berkumpul dengan kelompok masing-masing untuk menilai masing-masing individu dari kelompok. Setelah memberikan penilaian terhadap teman kemudian kami memaparkan pendekatan kognitif dan motivasi yang mana yang lebih dominan kami gunakan. Pada kuliah pertemuan ke 7 saya jadi lebih memahami pribadi saya dari cara pandangan saya secara kognitif dan motivasi juga melalui penilaian teman sekelompok saya.....
Pada kuliah pertemuan ke 7 kita membahas Johari Windows dimana kita memandang segala sesuatu dari aspek pribadi kita dan orang lain....
kemuadian pada pertemuan ke 7 kami juga berkumpul dengan kelompok masing-masing untuk menilai masing-masing individu dari kelompok. Setelah memberikan penilaian terhadap teman kemudian kami memaparkan pendekatan kognitif dan motivasi yang mana yang lebih dominan kami gunakan. Pada kuliah pertemuan ke 7 saya jadi lebih memahami pribadi saya dari cara pandangan saya secara kognitif dan motivasi juga melalui penilaian teman sekelompok saya.....
Apa sih artinya Sahabat bagi kamu??????
Kalau saya ditanya arti sahabat maka saya akan menjawab sahabat-sahabat yang saya miliki luar biasa berarti bagi hidup saya. Sahabat saya selalu ada di setiap saya sedih dan senang. Saya menemukan sahabat-sahabat yang paling mengerti saya pada saat saya duduk di kelas SMA. Walaupun saat ini kami semua telah berpisah untuk meraih cita-cita kami masing-masing namun hubungan kami tetap terjalin... Sahabat yang baik dapat mengerti keadaan kita dan juga dapat mengkritik kesalahan kita tanpa melukai perasaan kita.... I LOVE MY BEST FRIENDS FOREVER.... Bagaiman dengan anda, seberapa berarti kah sahabat anda bagi anda????
Kalau saya ditanya arti sahabat maka saya akan menjawab sahabat-sahabat yang saya miliki luar biasa berarti bagi hidup saya. Sahabat saya selalu ada di setiap saya sedih dan senang. Saya menemukan sahabat-sahabat yang paling mengerti saya pada saat saya duduk di kelas SMA. Walaupun saat ini kami semua telah berpisah untuk meraih cita-cita kami masing-masing namun hubungan kami tetap terjalin... Sahabat yang baik dapat mengerti keadaan kita dan juga dapat mengkritik kesalahan kita tanpa melukai perasaan kita.... I LOVE MY BEST FRIENDS FOREVER.... Bagaiman dengan anda, seberapa berarti kah sahabat anda bagi anda????
Senin, 07 Maret 2011
Apa yang dimaksud dengan bahasa,morfologi, sintaksis, Semantik dan pragmatis?
Bahasa adalah bentuk komunikasi baik lisan maupun tulisan yang didasarkan pada sistem simbol. Morfologi adalah aturan untuk mengombinasikan morfem, yang meerupakan rangkaian suara yang merupakan kesatuan bahasa terkecil. Sintaksis adalah cara kata dikombinasikan untuk membentuk frasa dan kalimat yang bisa diterima. Semantik adalah makna dari kata atau kalimat, dan pragmatis adalah penggunaan percakapan yang tepat.
Bahasa adalah bentuk komunikasi baik lisan maupun tulisan yang didasarkan pada sistem simbol. Morfologi adalah aturan untuk mengombinasikan morfem, yang meerupakan rangkaian suara yang merupakan kesatuan bahasa terkecil. Sintaksis adalah cara kata dikombinasikan untuk membentuk frasa dan kalimat yang bisa diterima. Semantik adalah makna dari kata atau kalimat, dan pragmatis adalah penggunaan percakapan yang tepat.
Selasa, 01 Maret 2011
Pembelajaran Menggunakan e-learning
Pembelajaran menggunakan e-learning sangat menarik dan menyenagkan. Sistem pembelajaran menggunakan e-learning telah membuktikan kepada kita semua bahwa belajar itu tidak harus duduk di kursi perkuliahan dan mengikuti proses - proses perkuliah secara formal dan hanya terpaku atau bergantung dengan informasi yang disampaikan oleh dosen pengampu. Proses pembelajaran e-learning juga telah membuktikan keefektifan dari sistem pembelajaran learner-centered.
Dengan pembelajaran e-learning dapat membuka peluang sebesar-besarnya bagi siswa untuk memperoleh informasi yang seluas-luasnya. Tapi menurut saya setiap sistem pembelajaran mempunyai kekurangan. Apabila sistem pembelajaran e-learning ini tidak mendapatkan pengawasan maka dapat membuka peluang bagi siswa untuk mendapatkan informasi yang salah. Oleh karena itu e-learning akan jauh lebih efektif apabila pendidik juga berperan serta dalam memberikan pengarahan pada siswa, seperti yang sudah saya rasakan pada bidang studi psikologi pendidikan.
Pembelajaran menggunakan e-learning sangat menarik dan menyenagkan. Sistem pembelajaran menggunakan e-learning telah membuktikan kepada kita semua bahwa belajar itu tidak harus duduk di kursi perkuliahan dan mengikuti proses - proses perkuliah secara formal dan hanya terpaku atau bergantung dengan informasi yang disampaikan oleh dosen pengampu. Proses pembelajaran e-learning juga telah membuktikan keefektifan dari sistem pembelajaran learner-centered.
Dengan pembelajaran e-learning dapat membuka peluang sebesar-besarnya bagi siswa untuk memperoleh informasi yang seluas-luasnya. Tapi menurut saya setiap sistem pembelajaran mempunyai kekurangan. Apabila sistem pembelajaran e-learning ini tidak mendapatkan pengawasan maka dapat membuka peluang bagi siswa untuk mendapatkan informasi yang salah. Oleh karena itu e-learning akan jauh lebih efektif apabila pendidik juga berperan serta dalam memberikan pengarahan pada siswa, seperti yang sudah saya rasakan pada bidang studi psikologi pendidikan.
Langganan:
Postingan (Atom)