menurut saya mata kuliah paedagogi itu sebenarnya menyenangkan karena pada saat melakukan praktek juga kita berinteraksi dengan anak-anak dan inilah yang membuat mata kuliah ini menurut saya lebih terasa relaks dari mata kuliah lainnya. kritikan untuk mata kuliah ini saya rasa mungkin alangkah lebih baiknya pada saat penyampaian materi dosen pengampu dapat memberikan referensi atau contoh-contoh proses paedagogi melalui vidio dan sebagainya agar pada penyampaiannya kami sebagai mahasiswa menjadi lebih paham praktek langsung di lapangan itu seperti apa. Selain kritikan saya juga memberikan apresiasi pada dosen pengampu karena sejauh ini saya rasa dosen pengampu dapat membimbing kami dengan baik sebagai mahasiswa dalam menggunakan media online dalam menyelesaikan tugas maupun melaksanakan ujian.
Kamis, 21 Juni 2012
Senin, 18 Juni 2012
Selasa, 15 Mei 2012
Review Micro Teaching
Ketua : Reza Yoga Pratam (10-027)
Anggota : Raja Maspin (10-062)
Yulian Astri (10-071)
Deepraj Kaur (10-051)
Melva Safira (10-036)
Karin Ambarita (10-037)
Anggota : Raja Maspin (10-062)
Yulian Astri (10-071)
Deepraj Kaur (10-051)
Melva Safira (10-036)
Karin Ambarita (10-037)
- Salah satu anggota kelompok kami, Muhammad Fadly, tidak hadir present dasi dan tidak turut aktif dalam pelaksanaan micro teaching karena dia memang sibuk dengan kegiatan organisasi di luar walaupun kami sudah mengkonfirm tugas kepadanya. Untuk masalah memposting tugas pelaksanaan micro teaching, memang kelompok tidak memberi kabar atau mengingatkan untuk memposting karena menurut kelompok bu Dina telah memberitahukan hal tersebut di facebook MK Paedagogi 2012 sehingga menurut kelompok seharusnya Fadly sebagai mahasiswa memiliki kesadaran diri untuk mengerjakan tugas.
- Ketidaksinkronan antara action plan dengan laporan pelaksanaannya adalah:
Ada beberapa hal yang tidak sinkron
antara Action Plan dengan proses Micro Teaching. Pertama adalah rencana
kegiatan. Dalam Action Plan urutan rencana kegiatan, sesudah perkenalan diri
adalah bernyayi bersama-sama, tapi dalam hasil akhir, bernyayi merupakan
kegiatan yang dilakkan mendekati penghujung acara.
Kedua, tanggal yang ada di action
Plan tidak kongruen dengan tanggal perencanaan. Misalnya tanggal Kegiatan Micro
Teaching tidak sesuai dengan action plan. Selain itu kelompok memposting hasil
laporan Micro Teaching dengan rentang waktu yang berbeda jauh dengan Action
Plan. Jadi, ketidak sesuain antara waktu yang direncanakan tidak sesuai dengan
laporan yang dibuat.
- Proses pelaksanaan kurang dijabarkan pada laporan kegiatan.
Berikut
penjabaran kegiatan yang dilaksanakan selama micro teaching.
a) Perkenalan
diri
Pada awalnya
kelompok memperkenalkan nama masing-masing dan memperkenalkan diri bahwa
kelompok berasal dari fakultas psikologi USU. Setelah memperkenalkan diri, lalu
karena kelompok memandang dalam satu kelas terdiri dari 18 orang dengan satu
fasilitator terlalu besar untuk proses micro teaching, kelompok langsung
memecahkan anggota dimana satu fasilitator memfasilitasi 5 anak. Setelah
kelompok memecahkan anggota, proses menggambar pun dimulai
b) Menggambar
Proses
menggambar dimulai dengan kelompok membagikan pensil warna dan kertas HVS A4
pada tiap anak. Pada tahap menggambar, kelompok merencanakan anak dibiarkan
secara kreatif untuk menggambar sesuai dengan kemauan dan imajinasi mereka.
Akan tetapi pada kenyataannya di lapangan, anak-anak tidak terbiasa untuk
berkreatif secara bebas. Mereka terbiasa diarahkan oleh guru untuk melakukan
sesuatu (teacher-centered). Mereka malah bingung ketika diberikan instruksi
untuk menggambar secara bebas. Sehingga pada akhirnya kelompok memutuskan untuk
mengarahkan anak menggambar ikan dengan memberikan contoh di papan tulis. Tugas
fasilitator disini adalah memperjelas bagian-bagian yang ada pada ikan. Banyak
anak-anak yang tidak mengerti apa komposisi dari gambar ikan (sisik, sirip,
ekor, mata, dll). Setelah proses menggambar, gambar tersebut dikumpulkan dan memberikan
pujian terhadap effort anak
(didokumentasikan dalam bentuk foto). Setelah tahap ini, dilanjutkan ke tahap
melipat origami.
c) Melipat
origami
Kelompok
membagikan kertas origami masing-masing anak sebanyak 2 lembar (satu untuk
melipat, satu untuk cadangan kalau salah melipat). Sama seperti tahap
menggambar, pada perencanaan melipat origami seharusnya anak melipat secara
kreatif sesuai dengan keinginan mereka. Namun lagi-lagi anak harus diarahkan
untuk melipat bentuk apa sehingga kelompok memutuskan untuk melipat origami berbentuk
baju. Setelah proses ini selesai, hasil melipat origami tidak dikumpul oleh
fasilitator agar menjadi kenag-kenangan bagi anak. Setelah tahap ini langsung
masuk ke tahap kuis perbendaharaan kata bahasa inggris.
d) Kuis perbendaharaan bahasa inggris
Kelompok
merefreshing anak-anak yang telah lelah mengikuti kegiatan dengan memberikan
kuis perbedaharaan kata. Contohnya: Adik adikkkk.... siapa yang tau bahasa
indonesianya orangeeeeee?? Ketika ada anak yang berhasil menjawab pertanyaan,
kelompok memberikan reward berupa makanan ringan chocolatos. Tetapi karena
hampir semua anak mampu menjawab, kelompok akhirnya membagi reward sama rata
kepada setiap anak. Setelah pembagian reward dilanjutkan pada tahap bernyanyi.
e) Bernyanyi
Tahap
bernyanyi merupakan proses closing dari micro teaching kelompok. Kelompok
memberikan tantangan pada anak dengan bertanya “siapa yang berani bernyanyi di
depaaaann?”. Ternyata ada seorang anak
yang berani untuk memimpin nyanyian di depan kelas. Setelah bernyanyi sebanyak
dua lagu kelompok pamit diri pada anak lalu melakukan sesi foto bersama.
- Tujuan dan manfaat
Tujuan dan manfaat micro teaching
yang dibuat kelompok sebenarnya adalah tujuan dan pedagogi. Jadi kelompok
melakukan kesalahan dengan menyamakan tujuan Pedagogi dengan tujuan micro
teaching. Sehingga, kesimpulan tersebut terlalu umum, dan menjadi kurang tepat
dengan tujuan pada sekolah TK tersebut. Jadi pada akhirnya, tidak sesuai antara
hasil yang di peroleh dalam proses micro teaching dengan tujuan penelitian yang
sebelumnya direncanakan oleh kelompok. Tujuan dan Manfaat tersebut akan
terkesan janggal bagi orang yang membaca dan melihat nya, karena terkesan tidak
sesuai dengan keadaan di TK tersebut.
Kamis, 03 Mei 2012
Testimoni Micro Teaching
Dalam rangka untuk menyelesaikan tugas action plan saya bersama kelompok harus melakukan micro teaching. sebenarnya saya sudah pernah melakukan kegiatan micro teaching pada perkuliahan sebelumnya sehingga saya tidak menemukan kesulitan yang begitu berarti ketika harus melakukan micro teaching lagi. pada saat melakukan pengajaran pada siswa TK Kartika Jaya saya sebisa mungkin mempraktekan apa yang saya baca tentang ilmu paedagogi dan ternyata saya menemukan sedikit kesulitan untuk menjelaskan kepada anak-anak dalam pelajaran melipat, namun walaupun menemukan kesulitan dan harus menjelaskan cara melipat lebih dari sekali pada hingga pada akhirnya mereka dapat mengikuti apa yang saya ajarkan. Pada saat melakukan micro teaching juga saya menyadari bahwa sepertinya lebih mudah untuk presentasi di depan teman-teman daripada menyampaikan maksud kita di depan anak-anak TK, mungkin karena kemampuan anak-anak yang belum dapat memikirkan hal yang abstrak.
Senin, 30 April 2012
Group Member :
Koor : 10027 Reza Yoga Pratama
Member : 10006 M. Fadli
MICRO TEACHING
“Go To School”
“Go To School”
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Pedagogi
secara singkat sering diartikan sebagai seni mengajar pada anak. Ilmu Pedagogi
itu sendiri dapat digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi dan mendekatkan
diri kepada anak-anak sehingga proses belajar-mengajar semakin efektif. Salah
satu konsep dalam Pedagogi adalah Micro Teaching. Apa itu sebenarnya Micro
Teaching???
Micro
Teaching berasal dari dua kata yaitu micro berarti kecil, terbatas, sempit dan
teaching berarti mengajar. Jadi, Micro Teaching berarti suatu kegiatan mengajar
yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau segalanya dikecilkan.
Diharapkan, dengan memperkecil ruang proses mengajar, maka metode ini dapat member
penilaian mengenai efektifitas proses belajar mengajar, termasuk juga guru.
Secara umum, konsep Micro Teaching dapat digunakan untuk menilai kelemahan dan
kelebihan suatu metode, sehingga dapat memperbaiki kesalahan, serta dapat
menciptakan metode pendekatan baru terhadap anak.
`Ditinjau
dari kehidupan sekarang ini, banyak orang menganggap bahwa proses belajar
tersebut hanya proses pentransferan ilmu, dimana asalkan ilmu sudah disampaikan
maka kwajiban guru sudah selesai. Selain itu istilah Seni Mengajar sudah
diabaikan sekarang ini. Para pendidik merasa tidak perlu seni dalam proses
pengajaran. Tapi pada kenyataan itu adalah factor critical yang akan menjadi
penentu kualitas proses mengajar. Seni tersebut sudah termasuk ke dalam
pembentukan karakter yang ideal. Fenomena tersebut merupakan sesuatu hal yang
salah, karena mendidik tersebut seharusnya juga memperhatikan pembentukan
karakteristik peserta didik. Jadi, guru sebenarnya selain mentransfer ilmu juga
menjadi fasilitator serta perangsang anak unutk tumbuh membentuk kepribadian
yang baik. Tapi sebenarnya fakta berkata lain, karena guru tidak peduli terhadap
perkembangan kepribadian anak, melainkan hanya focus pada ilmu. Hal tersebut
menjadi salah satu factor yang menyebabkan banyak anak yang pintar tetapi
memiliki karakter yang tidak bagus.
Berdasarkan
uraian tersebut, maka kelompok ingin melakukan Micro Teaching di sebuah TK
yaitu TK Kartika Jaya untuk melihat apakah konsep Pedagogi sebagai seni
mengajar masih diterapkan, serta berusaha menyampaikan pesan kepada Pendidik
dan Peserta didik dan memperkenalkan bahwa Pembelajaran berwujud seni merupakan
salah satu aspek penting dalam pendidikan anak.
2.
Tujuan
Tujuan dilakukan Micro
Teaching pada TK tersebut adalah untuk mengenalkan kepada peserta didik dan
Pendidik bahwa mengajar bukan sebatas proses mentransfer ilmu,melainkan sebuah
seni yang meliputi proses pembentkan kepribadian dan karakter anak yang ideal.
3.
Manfaat
Adapun manfaat dari
Micro Teaching tersebut :
a. Menjelaskan
bahwa mengajar merupakan sebuah proses pembentukan kepribadian yang baik dan
bukan sebatas mentransfer ilmu semata.
b. Sebagai
salah satu sarana pendekatan terhadap anak-anak yang dapat digunakan untuk
melakukan penilaian terhadap peserta didik.
c. Dapat
membantu menemukan metode yang efektif digunakan dalam proses belajar mengajar
khusunya pada TK tersebut.
LANDASAN TEORI
1.
Teori Pengajaran Pedagogi Modern
Pandangan
mengenai bahwa Pedagogi hanya sebatas mengajar dan mengasuh merupakan factor awal
yang menyebabkan terbentuknya Pedagogi Modern. Pedagogi Modern memandang bahwa
proses mengajar itu tidak hanya focus pada pendidik saja, tetapi juga focus pada
peserta didik. Mengatakan bahwa peserta didik menjadi kunci utama mencapai
tujuan proses pengajaran tersebut. Ada 2 konsep utama yang dikembangkan dalam
Pedagogi Modern, yaitu :
a. Teaching,
yaitu teknik yang digunakan guru dalam mentransformasikan konten pengetahuan,
merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa dalam rangka mencapai
tujuan pengajaran. Siswa diberi peluang untuk melakukan penilaian terhadap
teknik atau metode pengajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar
mengajar. Proses belajar mengajar tidak hanya bersifat monoton dan satu belah
pihak, melainkan terjadi interaksi resiprokal antara peserta didik dan
pendidik.
b. Learning,
proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan
menigkatkan pengetahuan serta keterampilan serta karakter yang ideal. Dapat
dikatakan, bahwa kulaitsa metode teaching akan membantu anak dalam proses
learning dalam pembentukan dirinya sendiri. Belajar bukan hanya proses mencari
ilmu pengetahuan, melainkan juga pembentukan keterampilan, seperti berpikir
kritis, kemampuan adaptasi, pemecahan masalah, dan pembentukan karakter yang
ideal.
2.
4P (Pribadi, Proses, Press, dan Product)
Teori
ini menjelaskan mengenai pembentukan kreatifitas serta pengembangan anak secara
maksimal. Dalam hal ini, yang paling ditekankan dalam proses belajar mengajar
adalah Pribadi. Dimana kemudian Pribadi itu yang akan diproses dan dikembangkan
sehingga menciptakan Product yang bagus dan sesuai dengan tujuan pengajaran.
Jadi kesimpulannya, dalam memberikan pengajaran, guru bukan menjadi focus utama,
melainkan peserta didik yang menjadi focus utama.
3.
Pedagogi Ideal-Spiritual Karakteristik
Teori
ini mengemukakan bahwa pembentukan kepribadian yang ideal bukan hanya
berdasarkan keilmuan semata, melainkan juga berdasarkan factor spiritual dan
Kreatifitas seseorang. Artinya proses belajar mengajar yang baik ketika proses
tersebut bukan hanya sebatas proses pentransferan imu, melainkan juga sebagai
proses yang membantuk anak dalam pengembangan kepribadian, karakter, dan
spiritual yang ideal. Selain itu, teori ini juga mengembangkan prinsip etika,
yaitu dalam pembentukan itu semua diperlukan aturan-aturan tertentu. Misalnya,
dalam pembentukan karakter yang ideal, maka diperlukan teknik dan metode khusus
untuk membentuk hal itu.
4.
Learner-Centered
Alasan
mengapa yang digunakan adalah Learner-Centered dan bukan Teacher-Centered,
karena dalam Micro Teaching tersebut, kelompok member focus proses pengajaran
itu ada pada peserta didik, dan bukan pada kelompok. Kelompok sendiri hanya
menjadi fasilitator dan pengarah sehingga proses mengajar tidak lari dari jalur
sesungguhnya. Anak dibiarkan berkreasi sebebas mungkin dan mengeluarkan
ide-idenya sebebas mungkin, karena menurut kelompok itu menjadi salah satu cara
untuk membuka karakter anak yang ideal.
PERENCANAAN
1.
Rancangan Kegiatan
No
|
Hari / Tanggal
|
Kegiatan
|
Tempat
|
1
|
Sabtu,
7 April 2012
|
Diskusi
TK
|
F.Psi USU
|
2
|
Sabtu,
7 April 2012
|
Diskusi
mengenai konsep yang digunakan
|
F.Psi USU
|
3
|
Senin,
9 April 2012
|
Observasi
ke TK Kartika Jaya
|
TK Kartika Jaya
|
4
|
Selasa,
10 April 2012
|
Proses
Micro Teaching
|
TK Kartika Jaya
|
5
|
Senin,
16 April 2012
|
Pembahasan
mengenai M.Teaching
|
F.Psi USU
|
6
|
Jumat,
20 April 2012
|
Pembuatan
Laporan Micro Teaching
|
F.Psi USU
|
7
|
Senin, 30 April
2012
|
Posting
Hasil Micro Teaching
|
Own
|
2.
Peserta Micro Teaching
Peserta Micro Teaching adalah Siswa
TK Kartika Jaya 2-20 Kesatuan Angkatan Darat , di Jalan Karya Jaya Medan. Anak
TK yang menjadi peserta Micro Teaching adalah anak dari Kelas B yang memiliki
usia berkisal 5-6 tahun.
3.
Alat dan Bahan
Alat dan Bahan yang digunakan dalam proses Micro Teaching
adalah :
1. Kamera Digital
2. HP (Merekam Video)
3. Crayon Berwarna
4. Kertas Origami
5. Kertas Gambar
6. Reward
PELAKSANAAN
1.
Observasi
Pelaksanaan
micro teaching yang kami lakukan di TK Kartika Jaya berjalan sesuai dengan rancangan
jadwal kegiatan. Pada tanggal 9 april kami melakukan observasi ke sekolah TK Kartika
Jaya dimana pertama sekali kami menemui Kepala Sekolah untuk meminta ijin melakukan
observasi dan Micro Teaching selama dua hari. Setelah mendapatkan ijin kami melakaukan
perkenalan dengan guru yang sedang mengajar dan juga para siswa. Agar para
siswa tidak merasa terlalu terusik dengan kedatangan kami maka kami meemutuskan
agar hanya beberapa orang perwakilan dari kelompok kami yang masuk untuk
melakukan observasi. Berdasarkan hasil observasi kami kelihatan sekali bahwa
para siswa sangat antusias dengan kegiatan kesenian. Jika kelompok lain mungkin
memilih mengajarkan materi yang dirasa sulit oleh anak-anak namun kami
memutuskan untuk mengajarkan materi yang menarik dimata anak-anak. setelah
melakukan observasi kemudian kami memutuskan kegiatan kesenian yang kami akan
ajarkan adalah menggambar, melipat origami dan bernyanyi.
2.
Micro Teaching
Kelompok
melakukan kegiatan Micro Teaching pada tanggal 10 April 2012 di TK Kartika
Jaya. Pertama-tama kami mengajak anak – anak untuk menggambar ikan. Disana
terlihat antusias para murid untuk menggambar dan ada beberapa anak yang tidak
mampu mengikuti langkah-langkah untuk menggambar ikan sehingga kami memutuskan
ia dapat menggambar hewan lain yang mereka bisa gambarkan. Setelah selesai
menggambar kami melakukan dialog dengan para murid dalam rangka menanyakan apakah
mereka sudah bosan dan apakah mereka masih mau kami ajak untuk melakukan kegiatan
melipat origami. Hasilnya mereka mau sehingga kami melanjutkan kegiatan melipat
origami dan semua siswa dapat mengikutinya dengan baik. Setelah kegiatan
melipat origami kami mengajak anak-anak untuk bernyanyi dan setelah itu kami
membuat tantangan bagi anak yang berani maju kedepan kelas untuk menunjukkan
bakatnya dalam bidang apapun (bernyani, membaca puisi dsb) akan kami berikan
reward dan yang terakhir kami mengadakan kuis dimana anak-anak harus
menyebutkan bahasa inggris dari benda yang kami maksud dan bagi yang bisa
menjawab akan kami berikan reward. Semua kegiatan diatas dapat diikuti oleh
anak-anak TK Kartika Jaya dengan sangat baik sehingga kami dapat melakukan
kegiatan micro teaching dengan lancar.
LAPORAN KEGIATAN
1.
Hasil Micro Teaching
Sesudah
melakukan proses Micro Teaching, kelompok mendapatkan gambaran mengenai metode
pengajaran yang cocok diberikan di TK tersebut. Anak pada TK tersebut memiliki
antusias yang besar pada kegiatan-kegiatan yang melibatkan anak-anak tersebut
untuk berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Sebagaicontoh, kegiatan
Bernyayi, menggambar disambut dengan sangat senang oleh anak-anak di TK
tersebut. Akhirnya kelompok membuat hipotesa sementara,bahwa proses
belajar-mengajar akan menjadi efektif apabila kegiatan pemberian materi
dicampur dengan kegiatan seni. Pemberian materi saja akan membuat peserta didik
merasa bosan sehingga anak dan guru tidak dapat berpartisipasi dengan maksimal
dalam proses pembelajaran. Dengan pemberian kegiatan seni tersebut, maka anak-anak
akan semangat kembali sehingga secara tak langsung materi yang disampaikan akan
dapat diterima dengan maksimal oleh peserta didik. Hal lainnya adalah dengan
Micro Teaching tersebut kelompok mendapat gambaran mengenai Individual
Differences dalam proses pengajaran. Dalam satu TK tersebut terdiri oleh anak
yang beraneka ragam, sehingga cara yang diberikan juga berbeda antara satu
dengan yang lain.
2.
Kesimpulan
Sekolah TK
tersebut masih menggunakan prinsip Pedagogi yang sesuai dengan Landasan Teori
yang dibuat oleh kelompok. Metode yang diberikan dalam sekolah tersebut bukan
saja proses Pentransferan ilmu, tetapi juga proses pembentukan kepribadian dan
karakter yang ideal termasuk kreatifitas dan seni. Hanya saja, guru masih kelihatan
seperti mendominasi anak, dan anak diberi ruang gerak yang sempit dalam
penuangan kreatifitas.
video micro teaching : click here
Rabu, 25 April 2012
Testimoni Perkuliahan 23 April 2012
pada perkuliahan hari senin kemarin saya merasa aneh dengan suasana kelas. sebenarnya banyak mata kuliah yang diliburkan pada hari tersebut namun mata kuliah paedagogi tetap masuk, tapi saya pikir "it's ok" namanya juga mau belajar mana ada cerita santai . ternyata pagi hari saya lihat di Fb ada penggumuman dari dosen pengampu bahwa kita akan membahas hasil ujian online serta masih diberi kesempatan untuk remedial. sampai dikelas semua mahasiswa tidak memberikan feedback pada dosen pengampu sehingga beliau memutuskan untuk keluar dari kelas. sebenarnya menurut saya dosen pengampu menetapkan student center seperti itu supaya kita dapat mengkoreksi dan memperbaiki kesalahan dengan bimbingan dari dosen pengampu tentunya.
Kamis, 19 April 2012
Action Plan Micro Teaching
A. Group Micro Teaching : Koor: Reza Yoga Pratama (10-027)
Member : Muhammad Fadli (10-006)
Pendahuluan
Pendidikan pada dasarnya merupakan salah satu alat untuk memajukan kehidupan seseorang. Pada zaman sekarang ini, pendidikan bukanlah lagi menjadi kebutuhan sekunder, melainkan menjadi kebutuhan primer, karena orang tanpa pendidikan sekarang ini akan mendapat kedudukan rendah dalam masyarakat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu memegang peran penting dalam membentuk pribadi yang sukses. Pendidikan bukan hanya sekedar proses pentransferan ilmu, melainkan juga termasuk di dalamnya proses pembentukan pribadi yang berkualitas. Pribadi yang berkualitas dipandang bukan hanya seberapa banyak ilmu yang dia peroleh, melainkan juga dapat di pandang dari kreatifitas, kepribadian, serta kemampuan problem solving dan adaptasi seseorang.
Sekarang ini, pendidikan merupakan hanya proses pentransferan ilmu, tidak lagi menjadi proses yang mendidik. Guru merasa kewajibannya sudah selesai apabila dia sudah menyampaikan pemikirannya, tanpa memandang bagaimana anak tersebut. Bahkan, anak TK sekarang ini sudah diberikan pelajaran selayaknya anak di Sekolah Dasar. Pembelajan Seni sudah menjadi misi optional dalam proses pendidikan sekarang ini. Menyanyi, menggambar, melukis, serta kegiatan yang dapat membantu pembentukan kreatifitas siswa perlahan-lahan mulai diabaikan. Padahal, kreativitas merupakan salah satu factor penting penentu kualitas seorang anak.
Berdasarkan hal tersebut, kelompok ini melakukan Micro Teaching pada sebuah Tk, untuk melihat serta berusaha menyampaikan pesan kepada Pendidik dan Peserta didik bahwa Pembelajaran berwujud seni merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan anak.
B. Landasan Teori
Landasan teori yang digunakan dalam proses micro teaching ini adalah :
a. Teori Pengajaran Pedagogi Modern, mengatakan bahwa pengajaran bukan hanya proses transfer ilmu, melainkan juga proses transformasi, merangsang, dan membangkitkan kreatifitas siswa.
b. Pendekatan 4P, yang memandang bahwa kreatifitas dibentuk berdsarkan empat critical factor, yaitu Pribadi, Proses, Press, dan Product.
c. Pedagogi Ideal-Spiritual Karakteristik, mengemukakan mengenai pembentukan kepribadian yang ideal bukan hanya berdasarkan keilmuan semata, melainkan juga berdasarkan factor spiritual dan Kreatifitas seseorang.
d. Pendekatan Learner – Centered, mengenai proses pendidikan berada pada tangan peserta didik, dimana peserta yang menjadi focus utama dan berperan aktif dalam proses pendidikan.
C. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan yang digunakan dalam proses Micro Teaching adalah :
1. Kamera Digital
2. HP (Merekam Video)
3. Crayon Berwarna
4. Kertas Origami
5. Kertas Gambar
6. Reward
D. Peserta Micro Teaching
Peserta Micro Teaching adalah Siswa TK Kartika Jaya 2-20 Kesatuan Angkatan Darat , di Jalan Karya Jaya Medan. Anak TK yang menjadi peserta Micro Teaching adalah anak dari Kelas B yang memiliki usia berkisal 5-6 tahun.
E. Rencana Kegiatan
Rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan pada TK tersebut adalah :
1. Perkenalan antara Mahiswa Micro Teaching dengan murid-murid Tk.
2. Bernyanyi bersama-sama sebagai permulaan pelaksanaan kegiatan.
3. Menggambar bersama dengan peserta didik.
4. Mengajar anak melakukan permainan Lipat Origami.
5. Bermain tebak-tebakan kata dengan peserta Micro Teaching.
6. Pembagian Reward kepada adik-adik sebagai penutup kegiatan.
F. Rancangan Jadwal Kegiatan
1. Diskusi TK Sabtu, 7 April 2012
2. Diskusi mengenai konsep yang digunakan Sabtu, 7 April 2012
3. Observasi ke TK Kartika Jaya Senin, 9 April 2012
4. Proses Micro Teaching Senin, 9 April 2012
5. Pembahasan mengenai M.Teaching Senin, 16 April 2012
6. Pembuatan Laporan Micro Teaching Jumat, 20 April 2012
7. Posting Hasil Micro Teaching Sabtu, 21 April 2012
Langganan:
Postingan (Atom)