Selasa, 09 Oktober 2012

Skinner merupakan salah satu tokoh pencetus teori Operant Conditioning. Operant Conditioning merupakan teori pembelajaran dimana individu akan dikenalkan dengan positive reinforcement, negative reinforcement dan punishment. Saya memiliki pengalaman pribadi yang familiar dengan metode operant conditioning. Salah satunya adalah pengalaman saya pada saat berusia 12 tahun dimana saya selalu menonton televisi dari jarak yang sangat dekat. Pertama sekali ibu saya mencoba menasehati saya namun cara itu tidak berhasil, kemudian ibu saya memberikan saya reward setiap kali saya menonton televisi dari jarak standar namun lama kelamaan habit saya kembali lagi. Karena saya keras kepala dan selalu menonton tv dari jarak dekat maka ibu saya akan mematikan televisi jika saya menonton dari jarak yang dekat, sehingga akhirnya jika saya mau menonton televisi maka saya harus berada di jarak standar.

Pembahasan :

  Berdasarkan teori Skinner ibu saya pertama sekali mencoba menggunakan positif reinforment namun karena saya tetap melanggar apa yang dikatakan ibu saya maka saya dikenakan negatif reinforment sehingga saya akhirnya menjadi terbiasa untuk menonton televisi dari jarak dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar