Rabu, 10 Oktober 2012

Psi. Belajar (Make some Products)



Pada perkuliahan hari ini saya diminta oleh dosen pengampu untuk membuat sesuatu yang kreatif dengan stimulus 1 lembar kertas HVS, 1 karton kecil, dan sebuah sertifikat dengan topik hemat listrik. Setelah membuat sesuatu yang kreatif kemudian saya diminta untuk menganalisanya dengan menggunakan teori Skinner. Pertama sekali saya mengisi sertifikat dengan nama saya sendiri, walaupun itu tidak termasuk hal yang kreatif namun hal ini dapat saya jelaskan berdasarkan teori skinner dimana stimulus sertifikat sudah terbiasa dengan adanya nama atau dapat dikatakan setiap sertifikat yang sah pastinya ada nama pemiliknya sehingga saya menuliskan nama saya pada sertifikat tersebut dengan spontan. Hal kedua yang saya lakukan adalah menggambar dan membuat slogan pada karton berukuran postercard hal ini saya lakukan karena saya sering melihat adanya postercard pada buku yang saya baca sehingga saya memiliki ide untuk menggunakan kertas karton tersebut menjadi postercard. Tahap ketiga saya menggambar pada kertas HVS, hal ini saya lakukan karena saya suka menggambar di kertas HVS ketika mood saya buruk dan setelah menggambar biasanya mood saya akan menjadi lebih baik sehingga saya memutuskan untuk menggambar di kertas HVS tersebut. Kaitannya lebbih lanjut dengan teori skinner yang populer dengan reinforcement baik yang positif maupun negatif serta adanya punishment untuk membentuk perilaku yang mempengaruhi tindakan adalah produk yang saya buat secara spontan merupakan efek reinforcement yang selama ini saya alami dimana setiap lulus saya mendapatkan sertifikat dengan nama saya sehingga saya menulis nama saya pada sertifikat, saya merasa tertarik dengan postercard sehingga saya menggubah kertas karton menjadi postercard dan yang terakhir mood saya akan meembaik setiap kali menggambar di kertas HVS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar