Senin, 28 Februari 2011

Apa yang dapat dilakukan untuk mendukung perencanaan pelajaran teacher-centered?

Ada 3 alat umum yang berguna dalam perencanaan pelajaran teacher-centered
1. Menciptakan Sasaran Behavioral.
    Menurut Robert Marger sasaran behavioral mengandung tiga bagian :
  • Perilaku Murid. Fokus pada apa yang akan dipelajari atau dilakukan murid.
  • Kondisi dimana perilaku terjadi. Menyatakan bagaimana perilaku akan dievaluasi atau dites.
  • Kriteria kinerja. Menentukan level kinerja yang dapat diterima.
2. Menganalisis tugas
    Analisis ini dapat melalui tiga langkah dasar :
  • Menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan murid untuk mempelajari tugas.
  • Mendaftar materi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas, seperti kertas, pensil, kalkulator, dan sebagainya.
  • Mendaftar semua komponen tugas yangg harus dilakukan.
3. Menyusun Taksonomi Instruksional
    Taksonomi ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi tiga domain :
  • Domain kognitif
  • Domain afektif
  • Domain psikomotor

Sumber : Santrock.,J.W.(2008).Psikologi Pendidikan(edisi kedua).Jakarta:Prenada Media Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar