Menurut Anda apakah penerapan programmed learning(pembelajaran terprogram) oleh skinner dapat dianggap lebih efektif daripada strategi pengajaran konstruktivisme oleh William James dan John dewey dalam dunia pendidikan saat ini ?
Programmed learning merupakan suatu cara pembelajaran dimana setelah murid melalui serangkaian langkah ia terus didorong untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam hal ini skinner menciptakan sebuah alat yang beerfungsi sebagai tutor dan mendorong murid untuk mendapatkan jawaban yang benar.sedangkan konstruktivisme oleh william james dan john dewey lebih menekankan agar individu secara aktif membangun pemahaman dan pengetahuan.
Sumber : Psikologi Pendidikan, Edisi Kedua. John W. Santrock
great!,
BalasHapusDeepraj, sebaiknya perhatikan tata tulis ya...:)
Btw, menurutmu apakah di mata kuliah psikologi pendidikan ini menunjukkan gejala menggunakan programmed learning?...responnya langsung di posting ya...
thank and take care
menurut saya mata kuliah psikologi pendidikan menggunakan programmed learning walaupun tidak seratus persen, karena mahasiswa dibimbing oleh dosen sebagai tutor sehingga terdorong untuk mencari tahu hal-hal yang baru, misalnya saja kegiatan membuat blog ini, yang tadinya saya tidak mengerti apa itu blog, sekarang saya jadi mempunyai keinginan untuk tahu lebih dalam tentang blog...
BalasHapus