Dalam proses belajar mengajar diperlukan kerjasama yang baik antara siswa dan guru terutama pada paedagogi (ilmu pengajaran anak). Paedagogi itu sendiri memiliki kata sifat paedagogis yang menurut Danilov sebagai proses interaksi terus-menerus dan saling berasimilasi antara pengetahuan ilmiah dan pengembangan mahasiswa. Dalam melakukan proses ini dibutuhkan hubungan aktif dan sosial yangg dibangun oleh guru dan siswa. Pada proses paedagogi dikenal juga prinsip-prinsip paedagogis dimana menurut Addine (2001) merupakan kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis. Adapun prinsip-prinsip dari paedagogis adalah proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju dibidang sains kontemporer dan dalam korespondensi total dengan ideologi kita, merujuk pada kesatuan pengajaran;pendidikan;dan pengajaran yang harus terkait dengan kegiatan pembangunan pada umumnya,menggamit prinsip bahwa domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering, dan yang terakhir masing-masing sub sistem aktivitas; komunikasi; dan kepribadian saling terkait satu sama lain.
Ada juga proses paedagogis yang berbasis pada model program jangka panjang dimana setiap siswa dapat memiliki hak dan akses yang sama dalam mendapatkan informasi dan pengetahuan, misalnya di kuba (
The Third Educational Revolution).
DAFTAR PUSTAKA:
Danim, Sudarwan (2010). Paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar